Ragam Hias Khas Basap

Daerah Bengalon merupakan daerah strategis, baik dari segi potensi alam maupun lalu lintas perdagangan. Perpaduan topografi, ketinggian, geologi, tanah, iklim dan curah hujan menjadikan Bengalon kaya akan vegetasi dan keragaman fauna.
Sungai Bengalon yang dijuluki sungai Mahakam, berarti sungai ‘utama’, merupakan penghubung antara Kutai dengan muara Bengalon dan berperan penting dalam mobilitas perdagangan.

Salah satu suku yang hidup bergantung pada alam daerah Bengalon adalah suku Dayak Basap. Proses adaptasi Dayak Basap pada daerah Bengalon menjadikan Dayak Basap sebagai suku dengan kekhasan yang tidak tampak pada suku lainnya. Kekhasan tersebut tertuang pada nilai-nilai termasuk nilai visual khas Dayak Basap. Karakter visual khas Dayak Basap tampil melalui ragam hias dan ilustrasi hasil stilasi alam seperti bentukan pohon serta hewan yang berperan penting dalam kehidupan Dayak Basap.

Bagi Dayak Basap, peran dan makna corak yang mereka buat tidak lebih penting dari proses pembuatan itu sendiri, yaitu pada saat upacara adat Erau. Proses pembuatan corak selama upacara Erau merupakan simbol bagi Dayak Basap dalam menghormati alam yang menghidupi mereka selama setahun penuh berladang dan berburu di hutan.

Kekhasan corak Dayak Basap berpotensi di’olah-rupa’kan pada berbagai media. Penggunaan visual lokal merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi lokalitas daerah, khususnya dengan memunculkan identitas Kalimantan Timur. Dan salah satu media primer yang dapat menerapkan tujuan tersebut adalah media busana. Perancangan busana dengan lokalitas khas Dayak Basap diharapkan dapat menjadi dorongan bagi pemanfaatan unsur lokal selanjutnya pada media-media lainnya.

Sumber: Yosephin Sri (Basap Berkarya, 2013).

1 komentar:

  1. As with Hotshots Bar & Grill, bars in Illinois are capable of to} have slots and video gaming machines inside, and prospects who're 21 years or older are capable of to} play them. Wolf Run Eclipse™ features new progressive prizes and a Wheel Bonus. With five completely different free games bonuses obtainable and an opportunity at the Grand Jackpot at any 코인카지노 guess. There is a cumulative nature to a slot machine’s maintain, in accordance with author Natasha Dow Schüll.

    BalasHapus