Rainbow CREATIVE - Latar Belakang

Konsep pengembangan wisata telah banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia melalui penggalian potensi-potensi wisata yang memang layak untuk dikembangkan. Upaya ini juga didukung oleh pemerintah melalui UU no 10 tahun 2009 di mana beberapa tujuan di antaranya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya.


Dengan seiring pertumbuhan kepariwisataan di Sangatta Khususnya dan Kutai Timur secara umum, secara tidak langsung menuntut perkembangan sisi kehidupan yang lain, termasuk usaha pengembangan suvenir.

Saat ini, Kab. Kutai Timur beribu kota di Sangatta yang berpenduduk kurang lebih 253.847 jiwa dengan sebagian besar penduduknya adalah pendatang yang bekerja dan mencari nafkah di Kutai Timur, sehingga sering kembali ke kampung halamannya. Biasanya mereka kembai akan membawa sesuatu yang khas dari daerah tempat di mana ia bekerja.


Kecenderungan dari suvenir yang ada di Kalimantan yang serupa dan seragam, sehingga suvenir bisa dibeli di mana saja dan tidak menggambarkan secara spesifik suvenir tersebut berasal dari mana. Berangkat dari hal itu, kami ingin mengembangkan suvenir-suvenir yang dapat memperkenalkan derah asal kami kepada khalayak dengan tetap mencirikan keunikan lokal Sangatta dan Kutai Timur. Souvenir Tradisional di Kalimantan cenderung tidak mempunyai banyak varian. Penjualan ini akan lebih menawarkan berbagai macam jenis sesuai dengan minat konsumen dan menampilkan varian yang terbaru yang unik dan bercirikan lokal khas daerah.

Dengan adanya kondisi diatas itu membuat peluang yang berkaitan dengan kerajinan souvenir pun terbuka lebar dan bisa saja sangat menjanjikan. Untuk itu, kami ingin memanfaatkan peluang ini. Kami telah mendirikan sebuah perkumpulan yang mengerjakan kerajinan suvenir khas daerah dengan nama Rainbow CREATIVE sejak 2011.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.